FAQ

Penempatan diseusaikan dengan job function yang dipilih pada saat mengajukan aplikasi.

Terdapat 2 pilihan lokasi penempatan bagi kandidat yaitu :

  • Nasional, yaitu program Rekrut untuk diposisikan di Kantor Corporate, Kantor Divisi, dan Kantor Telkom Regional atau sesuai kebutuhan bisnis Perusahaan;
  • Regional, yaitu program Rekrut untuk diposisikan di Kantor Witel dan Kantor Datel atau sesuai kebutuhan bisnis Perusahaan.

Untuk melihat jumlah kandidat yang mendaftar untuk lokasi nasional dan regional dapat dilihat di web Telkom.

Terdapat dua jenis tes yang harus dilalui yaitu tes kemampuan Bahasa Inggris secara online dan Assessment Day. Assessment on line dijadwalkan dalam satu hari, sementara Assessment Day 2 hari, terdapat jeda antara tes online dan assessment day. Lamanya tes sampai pengumuman antara 1,5 - 2 bulan.

Tahap ini merupakan tahap final, pengumuman bisa dipantau di web rekrutment Telkom.

Pengunduran diri diajukan secara tertulis dan ditujukan kepada pengelola SDM. Adapun Biaya yang ada di tabel berlaku setelah melakukan daftar ulang untuk mengikuti program orientasi.

Karyawan fresh graduate akan ditempatkan di posisi Band Posisi VI dengan posisi tertinggi Band Posisi yang tertinggi Bp 1. Renumerasi akan dijelaskan pada saat kegiatan Assessment Day.

Jumlah yang diterima disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Diperbolehkan untuk menikah dengan sesama pegawai Telkom.

Telkom memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mengembangkan kemampuan melalui pemberian beasiswa pendidikan dalam program Great People Scholarship Program.

Pastikan dahulu anda memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Lalu anda dapat membuat akun peserta daftar disini. Setelah membuat akun peserta, silahkan memilih Job Vacancy yang sedang dibuka (List Job Vacancy dapat di lihat disini). Selanjutnya silahkan mengikuti arahan untuk mengisi data one sheet CV dan submit data. Pengumuman peserta lolos tahapan administrasi akan diumumkan sesuai waktu yang ditentukan.

Hasil seleksi akan diumumkan di website rekrutmen Telkom Indonesia dan akan diberikan notifikasi ke email peserta

Perbedaan yang paling signifikan antara GPTP Nasional dan GPTP Regional adalah pada lokasi penempatan dan peran masing-masing Job Function.

Peserta diwajibkan untuk memilih salah satu program rekrutmen. Maka apabila peserta telah memilih GPTP Nasional, peserta yang sama tidak dapat apply kembali untuk GPTP Regional. Begitupun sebaliknya.

Rekrutmen Telkom Indonesia membuka kesempatan untuk peserta memilih berdasarkan Job Function yang sesuai dengan passion dan kemampuan peserta. Sebelum menentukan Job Function yang akan dipilih, peserta wajib memahami peran masing-masing Job Function agar dapat ditentukan mana Job Function yang cocok untuk peserta.

Peserta diwajibkan untuk memilih satu Job Function. Apabla peserta telah apply untuk satu Job Function, peserta yang sama tidak dapat apply kembali untuk Job Function lainnya. Maka pahami dahulu Job Function yang akan anda pilih sebelum apply ke Job Function tertentu.

Peserta hanya diberikan kesempatan untuk memilih satu Job Function dan tidak dapat pindah ke Job Function lainnya

Saat tahap seleksi administrasi, peserta hanya diwajibkan untuk mengisi One Sheet CV. Dokumen fisik akan dikumpulkan ditahap lainnya apabila peserta lolos tahapan seleksi.

Peserta hanya memiliki satu kali kesempatan untuk mendaftarkan diri dalam satu periode seleksi. Peserta yang tidak lolos dapat mendaftarkan diri kembali selama masih memenuhi syarat yang telah ditentukan.

Rekrutmen Telkom Indonesia membuka kesempatan untuk peserta memilih berdasarkan Job Function yang sesuai dengan passion dan kemampuan peserta. Perbedaan fakultas dan jurusan tidak akan dibatasi selama peserta menguasai bidang Job Function yang dipilih dan memenuhi syarat untuk lulus seleksi.

Faktor kelulusan peserta hanya ditentukan dari kelulusan hasil seleksi yang diikuti oleh peserta

Waktu seleksi dan pengumuman seleksi setiap tahapannya berbeda. Pemberitahuan lama waktu setiap tahapan akan diinformasikan melalui email peserta yang terdaftar.

Setiap tahapan seleksi menggunakan sistem gugur. Hanya peserta yang lolos tahapan seleksi yang berhak lanjut ke tahap seleksi berikutnya.

Ada beberapa Bidang Pekerjaan yaitu :

  1. Finance: Kemampuan untuk menganalisis dan mengatur kombinasi pendanaan, menyusun rencana kerja anggaran perusahaan, memahami accounting information system, peraturan pajak, serta mengelola cost dan profitability analysis, treasury, billing,collection, revenue assurance, dan laporan keuangan.
  2. Marketing : Kemampuan mengelola konten produk/layanan di seluruh digital channel, mengintegrasikan program komunikasi pemasaran sesuai dengan analisis pasar, menggali informasi kondisi dan kebutuhan consumer saat ini dan masa mendatang, serta dapat memahami regulasi dan parameter lainnya dalam menetapkan tarif dan costing produk untuk meningkatkan daya saing.
  3. Sales : Kemampuan dalam merencanakan dan menggunakan rancangan penjualan melalui strategi yang sesuai dengan pasar yang dinamis, serta dapat menyusun account plan sebagai panduan aktivitas account management.
  4. Relationship Management : Mampu membangun hubungan antara pelanggan dengan perusahaan melalui multi touch points (customer smart care) untuk mempromosikan produk, meningkatkan pendapatan, penjualan dan kepuasan pelanggan, serta dapat menyusun strategi dan menggunakan channel yang sesuai dengan karakter produk dan pelanggan.
  5. Telecommunication : Bidang pekerjaan ini terkait dengan pengelolaan layanan dan jaringan telekomunikasi sehingga semua sistem telco bisa dikelola dengan baik. Jaringan telekomunikasi yang dikelola meliputi transport network, service node, core network, metro network, fixed access network, mobile acces network, CPE & NTE, energy & support facility.
  6. Information Technology : Kemampuan mendefiniskan strategi IT , mengelola database informasi , menciptakan solusi produk digital, dan mencakup semua aspek organisasi IT melalui penelitian dan inovasi, dengan visi bagaimana permintaan organisasi untuk informasi dan sistem akan dipenuhi oleh teknologi, termasuk hardware, software, telekomunikasi dan layanan seperti contohnya IT operations, sistem, pengembangan dan user support.
  7. Digital Product Services : Terkait kemampuan dalam menyusun inisiatif digital, memilih metode dan desain yang inovatif dalam tren digital, termasuk meliputi digital ecosystem engagement, product & ecosystem design, digital media & content design, digital architecture, digital delivery, data analyctics & business intelligence, digital business & product operations serta digital marketing.